Supervisi Pendidikan Islam (Studi atas Kontribusi Pengawas dalam Memotivasi dan Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran di Sumenep)

Abd, Warits (2015) Supervisi Pendidikan Islam (Studi atas Kontribusi Pengawas dalam Memotivasi dan Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran di Sumenep). 'Anil Islam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman, 8 (2). pp. 149-176. ISSN 2085-4080

[thumbnail of 41] Text
41 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (29kB)

Abstract

Pengawas berperan penting dalam mengawal mutu pendidikan, ia bertugas untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan sesuai standar nasional pendidikan. Di samping itu, ia bertugas membantu, membimbing dan mengarahkan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Sementara itu, perbaikan mutu pendidikan salah satunya dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar. Sebab ujung tombak suksesnya pendidikan terdapat dalam proses pembelajaran tersebut. Di sinilah peran pengawas dibutuhkan untuk menjadi patner guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan tingkat keilmuan para Guru. Artikel ini, secara spesifik membahas tentang peran pengawas pendidikan di Sumenep dalam berupaya memotivasi dan meningkatkan kompetensi guru sehingga dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Melalui pendekatan kualitatif-diskriptif penulis mendiskripsikan secara spesifik mengenai kinerja mereka dalam meningkatkan kompetensi guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum, kinerja pengawas belum maksimal. Hal ini dilatarbelakangi beberapa hal: cakupan tugas yang sangat luas, motivasi dan komitmen guru yang rendah, dan berbagai keterbatasan yang menimpa lembaga pendidikan Islam. Namun demikian, pengawas telah melakukan beberapa cara untuk meningkatkan kinerja guru, salah satunya adalah dengan mendorong mereka untuk aktif di forum kelompok kerja guru, serta mendorong para guru untuk aktif mengikuti seminar, pelatihan dan workshop.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email repo@instika.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:12
Last Modified: 14 Jun 2021 04:12
URI: http://repository.instika.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item
View Item