Integrasi Agama dan Sains melalui Tafsīr ‘Ilmī (Mempertimbangkan Signifikansi dan Kritiknya)

Ach, Maimun (2019) Integrasi Agama dan Sains melalui Tafsīr ‘Ilmī (Mempertimbangkan Signifikansi dan Kritiknya). 'Anil Islam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman, 12 (1). pp. 36-62. ISSN 2085-4080

[thumbnail of 76] Text
76 - Published Version

Download (32kB)

Abstract

Upaya integrasi agama dan sains dilakukan dengan beragam cara, salah satunya tafsīr „ilmī yang telah mengalami tiga fase sejak masa sejarah Islam. Di antara signifikansinya antara lain:(1) menyingkap salah satu aspek i‟ jāz al-Qur‟ an,(2) memperkuat keimanan,(3) membuat umat Islam lebih percaya diri. Ini didasarkan pada argumen normatif, teologis dan epistemologis yang dikemukakan oleh para ulama seperti al-Gazali dan al-Suyuṭi. Tapi tafsīr „ilmī mendapat kritik dari para ulama dan saintis yang mencakup berbagai dimensinya, yaitu dimensi kebahasaan, teologi, dan epistemologi. Bahkan ketika dikaitkan dengan wacana sains Islam, para saintis mengkritiknya karena:(1) objek kajiannya di luar objek sains,(2) tidak bisa diverifikasi,(3) tidak memberikan pengetahuan baru. Bahkan Fazlur Rahman dan Golshani menambahkan, upaya itu berseberangan dengan semangat al-Qur‟ an untuk mengembangkan sains. Tapi kritik tersebut tidak bisa menolak sepenuhnya tafsīr „ilmī. Hanya saja, tafsīr „ilmī perlu memperhatikan beberapa hal berikut:(1) pembahasannya harus sesuai dengan tujuan dasar al-Qur‟ an sebagai “kitab petunjuk”,(2) dimaksudkan untuk menegaskan pesan al-Qur‟ an dan memperkokoh keyakinan,(3) diarahkan untuk mendorong kemajuan umat dengan sains,(4) penegasan bahwa penjelasan ilmiah merupakan elaborasi atau ilustrasi (tausī‟), bukan tafsir. Sebagai upaya integrasi Islam dan sains, tafsīr „ilmī adalah salah satu model yang artifisial dan tidak ideal.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Unnamed user with email repo@instika.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:17
Last Modified: 14 Jun 2021 04:17
URI: http://repository.instika.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item
View Item