Membumikan Islam Wasatuyah di Sekolah (Studi atas Optimalisasi Pembelajaran Materi Aswaja di MTs. Miftahul Ihsan Sentol Daya Pragaan Sumenep)

Mutam, Muchtar (2019) Membumikan Islam Wasatuyah di Sekolah (Studi atas Optimalisasi Pembelajaran Materi Aswaja di MTs. Miftahul Ihsan Sentol Daya Pragaan Sumenep). Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman, 2 (2). ISSN 2621-1130

[thumbnail of 122] Text
122 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (22kB)

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang implementasi pembelajaran materi Aswaja di MTs Miftahul Ihsan Pragaan Sumenep. Implementasi ini sebagai upaya untuk memperkuat pemahaman Islam wasatiyah di kalangan siswa sehingga tidak mudah untuk terjebak dalam aliran atau paham takfiri yang radikal. Dari penelitian ini diperoleh bahwa penerapan implementasi materi Aswaja di MTs. Miftahul Ihsan, Desa Sentol Daya dilakukan melalui tiga tahapan meliputi perencanaan, kajian, evaluasi, sosialisasi terhadap wali murid, serta legalisasi ke Kemenag. Selain itu, penerapan materi Aswaja ini berkontribusi dalam menambah pemahaman peserta didik tentang Islam Wasatiyah meliputi bagaimana sejarahnya, paham keagamaan yang dianut, ajaran amaliyah-nya, serta paham-paham lain yang bertentangan dengan Aswaja atau Islam Wasatiyah.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email repo@instika.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:44
Last Modified: 14 Jun 2021 05:44
URI: http://repository.instika.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item
View Item