Modernisasi Kurikulum Pesantren: Konsep dan Metode Antroposentris

Mohammad, Takdir (2018) Modernisasi Kurikulum Pesantren: Konsep dan Metode Antroposentris. IRCISod, Yogyakarta. ISBN 978-602-7696-43-3

Full text not available from this repository.

Abstract

“Pesantren sebagai lembaga pendidikan membutuhkan kurikulum yang dinamis, demokratis, fleksibel, terbuka, dan sesuai dengan perkembangan zaman serta kebutuhan masyarakat”—Dr. Rahmat Rahardjo, M. Ag, Dosen Program Pascasarjana IAI Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Sampai saat ini, pesantren diakui sebagai lembaga pendidikan alternatif dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Walau terkadang dipandang sebagai lembaga konservatif dan tradisional, pesantren telah membuktikan diri mampu menciptakan wahana baru bagi pembangunan peradaban muslim dan masyarakat secara umum. Kesuksesan pesantren dalam mencetak generasi emas tidak terlepas dari metode pendidikan yang menjawab tantangan zaman. Faktanya, banyak pesantren terbuka menyambut geliat perubahan. Itu sebabnya, modernisasi kurikulum pesantren menjadi pilihan penting dalam mencetak generasi yang memiliki kemapanan intelektualitas sekaligus kemantapan spiritualitas. Buku ini mengajak Anda supaya tidak memandang modernisasi kurikulum pesantren secara parsial. Diperkuat dengan data hasil penelitian sejumlah pakar mengenai pesantren, buku ini sangat layak dibaca oleh pembaca lintas kalangan, baik yang telah maupun yang sama sekali belum mengetahui seluk-beluk pesantren. Tabik!

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email repo@instika.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2021 04:47
Last Modified: 12 Jun 2021 04:47
URI: http://repository.instika.ac.id/id/eprint/2

Actions (login required)

View Item
View Item