Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) sebagai Pusat Pengetahuan Agama Masyarakat Pedesaan (Studi tentang Peran MDT di Desa Gapura Timur Gapura Sumenep)

Fathor, Rachman and Ach, Maimun (2016) Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) sebagai Pusat Pengetahuan Agama Masyarakat Pedesaan (Studi tentang Peran MDT di Desa Gapura Timur Gapura Sumenep). 'Anil Islam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman INSTIKA, 9 (1). pp. 55-94. ISSN 2085-4080

[thumbnail of 9] Text
9 - Published Version

Download (29kB)

Abstract

Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) merupakan pendidikan keagamaan non-formal yang selama ini terus berjuang membimbing pendidikan agama Islam pada masyarakat, khususnya generasi muda, dalam upaya memperkuat keimanan dan ketakwaan mereka agar terbentuk mentalspiritual yang kokoh dengan tetap memperhatikan perkembangan zaman. Oleh karena itu penelitian menelaah tentang peranan MDT sebagai pusat pengetahuan agama utama bagi masyarakat pedesaan, khususnya di desa Gapura Timur Gapura Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif-fenomenologis. Sumber datanya ditentukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan partisipan observation, indepht interview, dan studi dokumentasi dengan teknik Analisis Data Mode Interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan MDT ternyata menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat untuk mendidik ajaran-ajaran agama yang paling mendasar seperti masalah keimanan, peribadatan dan akhlakul karimah. Materi-materi dasar pendidikan agama Islam ternyata dirasakan sangat penting bagi masyarakat dalam upaya memperkuat mental-spiritual masyarakat (khususnya generasi muda) di tengah-

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email repo@instika.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2021 05:16
Last Modified: 13 Jun 2021 05:16
URI: http://repository.instika.ac.id/id/eprint/64

Actions (login required)

View Item
View Item