Asal-usul dan Karakteristik Madrasah: Analisis Historis Prospek Pengembangan Pendidikan Islam dalam Konteks Ke-Indonesia-an

Fathor, Rachman and Mohammad, Hosnan (2015) Asal-usul dan Karakteristik Madrasah: Analisis Historis Prospek Pengembangan Pendidikan Islam dalam Konteks Ke-Indonesia-an. Hikmah Journal of Islamic Studies Jakarta, 11 (2). pp. 81-100.

[thumbnail of ASAL USUL DAN KARAKTERISTIK MADRASAH.pdf] Text
ASAL USUL DAN KARAKTERISTIK MADRASAH.pdf - Published Version

Download (308kB)

Abstract

Madrasah adalah lembaga pendidikan yang sarat dengan muatan pendidikan keagamaan. Ia merupakan hasil kompromi dari persinggungan antara sistem pendidikan “tradisional”(pesantren) dengan sistem pendidikan “modern” yang diperkenalkan Belanda pada masa penjajahan. Masyarakat belajar–pada saat itu–dengan mengoptimalkan sarana yang ada seperti rumah ustadz/kyai, masjid, surau, dan sejenisnya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu rumah kiai tidak mampu lagi menampung jumlah santri apalagi jika mereka semuanya muqim, maka tahap selanjutnya kiai mempersiapkan asrama, yang kemudian di kenal dengan sebutan pesantren. Persinggungan dengan dunia modern ini mendorong madrasah untuk bisa beradabtasi, tanpa harus menanggalkan ciri khas dan karakteristiknya.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email repo@instika.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2021 06:11
Last Modified: 13 Jun 2021 06:11
URI: http://repository.instika.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item
View Item