Integrasi Pendidikan Islam di Madrasah, Pesantren, dan PTKI: Studi Kasus di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep

Mohammad, Hosnan (2020) Integrasi Pendidikan Islam di Madrasah, Pesantren, dan PTKI: Studi Kasus di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman, 3 (1). pp. 126-146. ISSN 2621-1130

[thumbnail of 148] Text
148 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang integrasi pendidikan Islam yang dipraktikkan di lembaga sekolah, madrasah, pesantren, dan PTKI. Secara khusus, penelitian ini mengambil studi kasus di Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk, yang merupakan salah satu pesantren tua yang bercorak semi modern. Penelitian ini sangat penting karena selama ini terjadi dikotomi keilmuan, antara ilmu agama dan ilmu umum sehingga menimbulkan permasalahan dalam ranah pendidikan Islam. Dampak dikotomi ilmu ini begitu sangat luas dan memengaruhi cara pandang masyarakat tentang ilmu. Penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Annuqayah telah menerapkan integrasi ilmu pengetahuan dalam pembelajaran di dunia pesantren. Artinya, bahwa pendidikan di Annuqayah sama sekali tidak mendikotomikan ilmu tertentu. Antara ilmu agama dan ilmu umum sama-sama merupakan ilmu Allah yang bisa menjadi jalan bagi manusia untuk lebih dekat kepada Allah.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email repo@instika.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2021 09:20
Last Modified: 13 Jun 2021 09:20
URI: http://repository.instika.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item
View Item