Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Bermartabat

Abd, Warits (2019) Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Bermartabat. Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman, 2 (2). pp. 526-551. ISSN 2621-1130

[thumbnail of 156] Text
156 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (22kB)

Abstract

Kurikulum merupakan komponen yang berperan strategis dalam menyukseskan proses pendidikan dan pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan institusional pada lembaga pendidikan. Karena itu, sistem kurikulum sangat menentukan sukses tidaknya sebuah madrasah/sekolah untuk menjadi lembaga pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Ahmad Tafsir menjelaskan bahwa kurikulum mengandung empat komponen, yaitu tujuan, isi, metode atau proses belajar mengajar, dan evaluasi. Keempat komponen dalam kurikulum tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain. Pelaksanaan kurikulum dibagi menjadi dua bagian yaitu pelaksanaan kurikulum tingkat madrasah/sekolah dan tingkat kelas. Antara kurikulum sekolah dengan kurikulum kelas merupakan tumpuan proses pembelajaran yang menjadi petunjuk utama pelaksanaan pendidikan disebuah lembaga pendidikan. Dalam tingkat madrasah/sekolah, seorang kepala sekolah merupakan penanggung jawab utamanya, sementara guru berperan sebagai ujung tombak pelaksanaan kurikulum ditingkatan kelas. Kajian ini berupaya memberikan gambaran tentang pentingnya pengembagan kurikulum pada tingkatan madrasah sehingga mampu menjadi pedoman dan rujukan utama dalam pelaksanakan pembelajaran sehingga mampu menciptakan suasanan pembelajaran optimal dan unggul.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email repo@instika.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:14
Last Modified: 14 Jun 2021 02:14
URI: http://repository.instika.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item
View Item